45095126 1024417907757684 9034588948382351360 N
in , , ,

Ikan Tombro “Keramat” Pemandian Banyu Biru, Konon yang Berani Menangkap Ikan ini Akan Mati.

Terdapat sebuah pemandian alami di daerah Pasuruan tepatnya di Desa Sumberejo Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Pemandian yang ada sejak tahun 1847 silam itu juga menjadi habitat spesies ikan, salah satunya ikan keramat. 

Pemandian Banyu Biru
Pemandian Alami banyu Biru

Di kolam ini hidup ratusan Ikan Tombro berwarna hitam yang sering disebut Ikan Sengkaring. Jangankan pengunjung, tak seorang pun masyarakat setempat yang berani mengusik keberadaan ikan-ikan yang konon keramat itu. Tak heran, ikan-ikan yang hidup bebas itu ada yang panjangnya lebih dari 1 meter. Tradisi lisan masyarakat setempat mengaitkan Ikan Tombro tersebut dengan seorang Pandai Besi bernama “Bujuk Giman”. Beliau membawa ikan tersebut dari pantai selatan di Malang.

DSCN0495
Ikan Tombro Keramat

Konon Ikan sebesar telapak tangan ini memang diyakini keramat. Pasalnya, ada seseorang yang membawa pulang usai berenang, yang terjadi adalah dia meregang nyawa. “Bahkan, diyakini celaka di perjalanan pulangnya, dan itu terbukti karena sudah ada beberapa kejadian,” kata satu pengunjung.

Ikan Tombro
Ikan Tombro Keramat

Berawal dari pengunjung membawa pulang ikan tersebut untuk dijadikan sebuah koleksi di rumahnya, namun di tengah perjalanan pulang, mobil yang ditumpangi pengunjung tersebut mengalami kecelakaan.

Ada pula cerita seorang aparat tentara yang nekat menangkap serta memakan ikan ini, dikabarkan beliau setelah itu sakit kemudian tidak lagi terdengar kabar tentang beliau.

Konon katanya, ikan-ikan di kolam ini tak pernah bertambah dan berkurang sejak zaman dulu. Informasinya jumlahnya sama sejak dulu. Kendati demikian, tidak ada yang bisa menghitung. Bahkan, ukurannya pun tidak berubah sejak dulu yang sudah besar ya tetap besar, dan yang kecil ya tetap kecil. Setidaknya, air di kolam ini sangatlah jernih, karena dari air sumber. Plus dikelilingi pohon berusia ratusan tahun, menjadikan semakin teduh.

Sumber : kompasiana, bangsaonline

ARTIKEL TERKAIT
Mengenal Salem, Kota Sihir Satu-satunya yang Diakui Dunia

Ayo mulai berdiksusi