Kisah Athena, Dewi Kebijaksanaan Serta Perang Dalam Mitologi Yunani!


Mengenal Athena, Dewi Kebijaksanaan Dan Pelindung Dalam Mitologi Yunani! Dafunda Com

Dafunda Geek – Pernahkah kalian mendengar nama Athena? Dalam Mitologi Yunani, Athena adalah salah satu dewa Olympia yang berjumlah dua belas. Athena sendiri melambangkan dewi kebiksajaan serta perang, Athena bisa kita kenali lewat simbolnya yang melambangkan  burung hantu dan perisai (aegis) serta kadang terlihat memegang kepala Medusa.

Dalam mitologi Romawi, padanan Athena adalah Minerva. Salah satu mitos terkenal tentang Athena adalah mengenai cara kelahirannya. Metis, yang namanya berarti nasihat, adalah ibu Athena dan permaisuri pertama Zeus.  Ketika Zeus diperingatkan bahwa salah satu anak laki-lakinya mungkin akan menggulingkannya, Zeus lantas menelan Metis.

Hal ini mengakibatkan Zeus menyerap kebijaksanaan Metis dan Athena terjebak di dalam kepalanya. Dalam salah satu versi cerita, Hermes yang melihat Zeus menderita sakit kepala hebat kemudian menemukan cara untuk memecahkan masalah tersebut.

asal usul dewi athena

Hermes memanggil Hephaestus yang kemudian membuka kepala Zeus dengan palu sehingga memungkinkan Athena untuk keluar. Mitos lain tentang Athena menyangkut upayanya untuk menjadi pelindung kota Athena.

Kedua dewa tersebut bersepakat melakukan kontes untuk memikat hati warga Athena. Poseidon menciptakan mata air dengan cara menghujamkan trisulanya ke tanah. Hanya saja, air yang keluar ternyata berasa asin. Athena, saat mendapatkan giliran, memilih untuk menanam pohon zaitun pertama.

Melihat bahwa pohon zaitun menyediakan minyak, kayu, dan makanan, warga memilih Athena yang kemudian diadopsi menjadi nama kota. Sebuah kuil megah bernama Parthenon kemudian juga dibangun untuk menghormati sang dewi. Persaingan antara Athena dengan Arachne adalah mitos lain yang populer. Arachne merupakan penenun dengan keahlian tak tertandingi.

ARTIKEL TERKAIT
Mengenal Kitsune Tsuki, Iblis Yang Merasuki Tubuh Manusia Di Jepang!

kisah dewi athena

Orang beranggapan bahwa keahliannya pasti berasal langsung dari Athena. Arachne, bagaimanapun, menyatakan keahliannya sebagai usahanya sendiri dan menyatakan Athena bisa datang bertanding jika menginginkannya. Athena, dalam kedok seorang wanita tua, datang memperingatkan dan memberi kesempatan Arachne untuk menarik ucapannya.

Namun, Arachne justru menghina si wanita tua sehingga membuat Athena menunjukkan dirinya yang sebenarnya. Mereka akhirnya tetap berkompetisi dengan Arachne memilih kekurangan para dewa sebagai tema tenunannya. Pilihan tema ini membuat Athena marah dan menghancurkan alat tenun sekaligus hasil tenunan Arachne.

Arachne mencoba menggantung diri, tapi Athena bertindak lebih cepat dengan mengubah Arachne menjadi laba-laba yang akan menenun tanpa henti. Nama Arachne kemudian diadaptasi menjadi nama spesies kelompok laba-laba, arachnid. Nah itulah kisah tentang dewi Athena, sang dewa kebijaksanaan dalam Mitologi Yunani.


Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Senang Senang
0
Senang
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Kaget Kaget
0
Kaget
Menakutkan Menakutkan
0
Menakutkan
Syaipul.A

Dafunda Gokil Team *Mysterious Boy*

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Polling
Buat Polling dan Ajak Komunitas untuk Memilih
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Video
Unggah Video Youtube Kamu dan jadilah Terkenal!
Kuis kepribadian
Buat Pertanyaan Untuk Mengetahui Seberapa Luas Pengatahuan Kalian
Kuis Trivia
Buat Pertanyaan Untuk Mengetahui Seberapa Luas Pengatahuan Kalian