Mengenal Cerberus, Anjing Berkepala Tiga Penjaga Pintu Masuk Underword Dalam Mitologi Yunani! Dafunda Com
in

Kisah Cerberus, Anjing Berkepala Tiga Penjaga Pintu Masuk Underword dalam Mitologi Yunani!

Dafunda Geek – Pernahkah kalian mendengar nama atau kisah Ceberus? Dalam Mitologi Yunani, Cerberus adalah anjing berkepala tiga yang menjadi penjaga pintu masuk ke dunia bawah (underword). Berbicara mengenai dunia bawah tanah, itu menjadi tempat kerajaan bagi dewa Hades. Nah,Cerberus sendiri bertugas mencegah siapapun yang masih hidup memasuki dunia orang mati.

Cerberus sendiri disebut – sebut seekor anjing yang mempunyai 3 kepala, tetapi di versi lainnya juga menyebutkan Cerberus memiliki hingga 100 kepala loh. Meskipun begitu, Cerberus tidak selalu bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Dikisahkan bahwa Aeneas, misalnya, membius Cerberus dengan kue.

Mengenal Cerberus, Anjing Berkepala Tiga Penjaga Pintu Masuk Underword Dalam Mitologi Yunani! Dafunda Geek

Di lain versi, Cerberus pernah pula tertidur setelah mendengarkan musik, seperti yang kita lihat di film Harry Potter. Walaupun seekor binatang, kebuasaan Cerberus sendiri membuat dewa – dewa lainnya takut. Dalam kebanyakan mitos, Cerberus disepakati sebagai putra Echidna dan Typhon, yang membuatnya bersaudara dengan Lernaean Hydra, Chimera, serta beberapa makhluk menakutkan lain dalam mitologi Yunani.

Salah satu mitos terkenal tentang Cerberus melibatkan Hercules yang diperintahkan menculik makhluk ini dari dunia bawah sebagai tugas terakhir dari 12 tugas Hercules. Sebelum memulai petualangan ke dunia bawah, Hercules mengikuti upacara Misteri Eleusinian, sebuah kultus Yunani Kuno yang berkisar tentang kesuburan dan tanah orang mati.

Hercules menggunakan pengetahuan tersebut untuk menemukan pintu gerbang ke dunia bawah untuk kemudian menculik Cerberus.  Meskipun diculik, Cerberus rupanya tetap menakutkan. Air liur berbisanya tumbuh menjadi tanaman mematikan yang dikenal sebagai aconite.

1

Banyak karya seni menggambarkan Cerberus. Penjaga kuil di Yunani dan Romawi sering memelihara anjing untuk merepresentasikan Cerberus. Semua orang Yunani kuno percaya bahwa mereka akhirnya akan bertemu Cerberus ketika mati, sebelum memasuki Kerajaan Hades.

Nah, begitulah asal usul ataupun kisah dari binatang penjaga pintu kerajaan bawah tanah. Tentu semua ini hanyalah sebuah mitologi dan mitos yang belum dipastikan kebenarannya. Tetapi, banyak sekali orang yang mempercayai hal ini dan bahkan mengaku pernah bertemu dengan binatang seperti ini.

ARTIKEL TERKAIT
Mengenal Inugami, Roh Anjing Yang Dapat Menuruti Perintah Pemiliknya Di Jepang!

Syaipul.A

Hanya seseorang anak No Life yang pengen punya Life

Ayo mulai berdiksusi