743986 61dae62e417ed896923f05bd1d71bdc3
in ,

Mengenal Salem, Kota Sihir Satu-satunya yang Diakui Dunia

Kota Salem adalah satu-satunya kota di dunia yang diakui sebagai kota sihir yang sangat penuh dengan misteri. Kota Sihir memang benar-benar ada, Letaknya di Amerika Serikat atau lebih tepatnya di Negara bagian Massachusetts. Kota ini secara resmi telah ditetapkan sebagai kota sihir oleh Michael Dukakis, gubernur Massachusetts pada masa itu.

Kota ini ditetapkan sebagai kota sihir karena pernah terjadi suatu peristiwa yang sangat mengerikan (pastinya ada hubunganya dengan sihir). Yaitu peristiwa The Salem Witch Trials , yaitu peristiwa dimana lebih dari 150 penduduk kota ini ditangkap, diadili, dan dihukum hanya karna dianggap mempraktekan ilmu sihir. 

Peristiwa The Salem Witch Trial 

Gettyimages 514890422 2
 sumber gambar :  history.com

Kota Salem disebut juga dengan kota sihir ternyata karena di sana terdapat museum sihir bernama The Salem Witch Museum. Museum ini dibuat untuk mengenang peristiwa yang terjadi di tahun 1692, yaitu The Salem Witch Trial.

Pada waktu itu, Amerika masih berbentuk koloni-koloni Inggris.

Berdasarkan hukum yang berlaku saat itu, segala sesuatu yang berhubungan dengan sihir adalah sebuah pelanggaran. Peristiwa The Salem Witch Trial adalah peristiwa di mana ratusan penduduk kota Salem tersebut dituduh melakukan praktik sihir. Kemudian banyak yang ditangkap, diadili, dan dihukum secara kejam. Mereka dituduh tanpa bukti yang jelas karena mengalami penyakit aneh yang dianggap sebagai akibat ilmu sihir.  Hingga tahun 1697 Pengadilan kota mengakui kesalahan telah memenjarakan dan menghukum mati banyak orang tanpa bukti yang jelas dan menentukan hari puasa dan soul-searching atas tragedi di kota Salem itu. Mereka pun mendeklarasikan bahwa tahun 1692 sebagai tahun tanpa hukum.

The Witch House 

19668 The Salim Witch Museum

 

Kini, Kota salem kemudian menjadi sebuah kota wisata yang sarat akan nilai supranatural. Peristiwa The Salem Witch Trials sampai sekarang masih dikenang dan pengunjung kota Salem masih bisa melihat. Seperti di The Witch House, rumah milik Hakim Jonathan Corwin, salah satu hakim dalam peristiwa Salem Witchcraft Trials. Bangunan ini sekarang milik Departemen Taman dan Rekreasi kota Salem dan dijadikan tujuan wisata lengkap dengan program tur keliling, wisata sejarah, dan wisata arsitektur. Selain itu, turis juga bisa mengunjungi The Salem Witch Museum. Di museum ini pengunjung benar-benar seperti dibawa kembali ke peristiwa mengerikan tersebut. Di museum itu ada pertunjukan drama teater, narasi dan dialog serta cuplikan persidangan peristiwa itu. Ada juga tur keliling menyaksikan sel-sel penjara buatan lengkap dengan patung-patung terpidana yang mirip manusia asli. 

 

Sumber : bobo | kaskus | salemweb 

ARTIKEL TERKAIT
Proses Mumifikasi Mayat Pada Zaman Mesir Kuno

Ayo mulai berdiksusi