1865
in ,

Sleep Paralysis, Fenomena Ketindihan Saat Tidur

Halo sahabat Dafunda, pernahkah kamu merasakan ketindihan, tidak bisa bergerak, bersuara bahkan sesak nafas disaat kamu tertidur? Jika iya berarti kamu sedang mengalami Sleep Paralysis atau bahasa jawanya erep-erep.

Sleep paralysis atau kelumpuhan tidur merujuk pada keadaan ketidakmampuan bergerak ketika sedang tidur ataupun ketika bangun tidur. Seseorang yang mengalami kelumpuhan tidur biasanya akan mengalami masalah untuk menggerakkan anggota badan, tidak bisa mengeluarkan suara dan sebagainya. Kelumpuhan tidur biasanya juga disertai dengan halusinasi seram atau mimpi buruk.

Hasil gambar untuk sleep paralysis
Ilustrasi Sleep Paralysis Berhalusinasi

Kelumpuhan tidur diyakini terjadi akibat terganggunya fase tidur REM, yang menyebabkan terjadinya atonia otot lengkap yang mencegah seseorang untuk bertindak di luar mimpi mereka. Kelumpuhan tidur telah dikaitkan dengan gangguan lainnya seperti narkolepsi, migrain, gangguan kecemasan, dan apnea tidur obstruktif.

Hasil gambar untuk sleep paralysis
Ilustrasi Sleep Paralysis

Sedikit tips untuk kalian, jika kalian sedang mengalami fenomena ini cobalah untuk berteriak, saat anda berteriak keluarga atau orang tua kamu akan menghampiri kamu lalu membangunkan kamu. Karena saat anda berteriak, anda terlihat mengigau oleh orang lain. Selain cara mengatasi, anda juga dapat merubah posisi tidur menghadap ke samping kanan untuk menjauhi dari hal semacam itu.

Tidur Mendengkur 20160606 224926
Ilustrasi Berteriak Saat Sleep Paralysis

Nah sahabat Dafunda, itulah artikel Sleep Paralysis, Fenomena Ketindihan Saat Tidur, semoga kita dijauhi oleh hal itu, karena Sleep Paralysis benar-benar melelahkan dan membuat jantung kita berdebar kencang.

ARTIKEL TERKAIT
20 Iblis Terkejam dan Menyeramkan yang Mungkin Tidak Kalian Ketahui

Bayu Pamungkas

Saya mengelola komunitas Horror yang memberikan tentang informasi-informasi seputar Horror, Mystery bahkan Mitos-mitos yang ada di Dunia.

Ayo mulai berdiksusi