2
in

Tollund Man : Jasad yang Awet Secara Alami Selama Ribuan Tahun

Ketika Tollund Man ditemukan oleh sekelompok orang di sebuah rawa gambut di Denmark pada 8 Mei 1950, mereka mengira jasad tersebut adalah korban pembunuhan yang baru saja terjadi. Tubuhnya masih tampak segar, raut mukanya jelas terlihat, dan organ dalam tubuhnya juga masih ada.

Namun, usai diteliti, ternyata Tollund Man meninggal sekitar tahun 375-210 sebelum masehi. Berarti, mayat itu telah termumifikasi secara alami di rawa gambut dan bertahan dengan sangat baik selama lebih dari 2.000 tahun.

Mumifikasi tersebut dapat awet, karena rawa gambut lazimnya terdiri dari lapisan lumut mati yang mengandung air sangat asam, suhu yang rendah, dan kandungan oksigen yang buruk. Hal-hal tersebutlah yang memastikan tubuh, rambut, kuku, pakaian, bahkan organ di dalam tubuh mumi tetap utuh.

Nahasnya, lantaran Tollund Man termumifikasi dengan sangat baik maka para peneliti pun dapat mengetahui penyebab kematiannya. Lelaki itu wafat digantung sebagai ‘pengorbanan’, dengan perut yang dijejali janin.

Faktanya, Tollund Man bukanlah satu-satunya mumi rawa gambut yang ditemukan di dataran Eropa, dan bukan dia saja yang mati dengan cara memilukan lalu terawetkan. Sekitar 80 meter dari lokasi penemuan Tollund Man, 12 tahun sebelumnya telah ditemukan Elling Woman. Wanita ini juga tewas digantung seperti Tollund Man.

1

Masih di Denmark, ditemukan pula Grauballe Man pada tahun 1952. Lelaki yang meninggal sekitar tahun 290 sebelum masehi ini diyakini sebagai korban ritual, dia tewas setelah lehernya digorok. Sedangkan Huldremose Woman, yang ditemukan di Jutland pada tahun 1979, ialah korban pembunuhan.

Di Irlandia, ditemukan tiga mumi rawa gambut yang semuanya merupakan korban pembunuhan. Cashel Man, Old Croghan Man, Clonycavan Man, sama-sama tewas setelah diserang benda tajam secara brutal mereka hidup ratusan tahun sebelum masehi.

3

Secara keseluruh, ditemukan ratusan mumi di berbagai rawa gambut di Eropanmayoritas dari mereka meninggal secara tragis.


Sumber : Archaeology | BBC | Live Science | History Channel | ThoughtCo

ARTIKEL TERKAIT
Ikan Tombro "Keramat" Pemandian Banyu Biru, Konon yang Berani Menangkap Ikan ini Akan Mati.

Ayo mulai berdiksusi